Ads Here

Rabu, 13 September 2017

Cara Membuat Teks Animasi di After Effect


Cara Membuat Teks Animasi di After Effects

Free Bitcoins!
Cara Membuat Teks Animasi di After Effects - Pada tutorial kali ini, saya akan memberitahu cara membuat teks animasi di After Effects yang...
 Cara Render After Effects - Best Render Settings
 Cara Membuat Masking pada After Effects
 Cara Membuat Efek Ledakan dengan After Effects
Cara Membuat Teks Animasi di After Effects - Pada tutorial kali ini, saya akan memberitahu cara membuat teks animasi di After Effects yang banyak dibutuhkan untuk membuat atau memproduksi introbumper, atau opening dalam bentuk teks.Tutorial dasar ini sangat baik untuk dipelajari oleh pemula, hanya dengan menggunakan efek dan preset yang sudah tersedia didalam Adobe After Effects, kalian sudah bisa membuat animasi teks sendiri untuk nama pribadi atau perusahaan masing-masing.

Tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, kalian harus memiliki plugin khusus untuk kebutuhan animasi teks, dan untuk sementara lupakan itu! Karena disini kita akan mempraktekan secara langsung bagaimana cara mengolah teks pada After Effects tanpa harus menggunakan plugin -- Selain untuk mengetahui dasar, dengan ini kita dapat mengolah secara lebih dalam dan mengetahui After Effects itu sendiri daripada 3rd party plugin nya.


Cara Membuat Teks Animasi di After Effects

1. Seperti biasa, buatlah komposisi baru dengan memilih menu bar Composition >>New Composition.. (Ctrl+N)

Jika masih asing dengan composition, silahkan baca artikel Pengenalan Adobe After Effects - Membuat Komposisi dan Layer Teks terlebih dahulu.


2. Maka jendela Composition Settings akan muncul. Beri nama dan aturlah preset sesuai keinginan. Jika sudah, Tekan OK atau tekan Enter. Untuk rekomendasi, sesuaikan pengaturan dengan gambar yang sudah saya berikan dibawah.

Cara Membuat Teks Animasi di After Effects - Hog Pictures


Baca juga: Realistic Camera Shake Effect untuk Animasi 2D pada After Effects
3. Buatlah layer baru berupa teks. Pilih pada menu bar Layer >> New >> Text (Ctrl+Alt+Shift+T) -- Selain pada menu bar, kita pun dapat membuat layer teks baru dengan menekan mouse kanan pada kolom timeline (composition).

Cara Membuat Teks Animasi di After Effects - Hog Pictures

4. Beri nama layer teks tersebut, mulailah ketik teks sesuai keinginan dengan menggunakan Horizontal Text Tool (Ctrl+T). Pengaturan teks pada After Effectssudah terbukti lebih lengkap daripada software sejenis lainnya, kita dapat dengan mudah menemukan apa yang dibutuhkan untuk memperindah teks yang kita gunakan.

Perhatikan juga font yang digunakan, karena dapat menentukan hasil akhir dari proses ini. Usahakan menentukan font yang memiliki kriteria seperti ini:
  • Modern
  • Ringan
  • dan tidak terlalu sulit untuk dibaca.

Cara Membuat Teks Animasi di After Effects - Hog Pictures


5. Setelah itu, lihat pada panel Effects & Presets (biasanya berada di sebelah kiri tengah pada workspace default). Pilih pada Animation Presets* >> Text, lalu pilih salah satu preset animasi yang telah tersedia didalam panel tersebut. Kita dapat membuka preset didalam folder yang sudah disediakan dengan menekan ikon collapse atau tanda anak panah disamping folder tersebut.

Cara Membuat Teks Animasi di After Effects - Hog Pictures


Related post: Cara Render After Effects - Best Render Settings


6. Misal: Kalian ingin memakai preset Animate In (animasi masuk/awal) >> Decoder Fade In. Tekan atau pilih Decoder Fade In dan geser menuju layer teks atau teks yang berada didalam komposisi. Lihat hasilnya dengan menekan Spasi pada keyboard.

Cara Membuat Teks Animasi di After Effects - Hog Pictures


7. Tambahkan lagi preset untuk Animate Out (animasi keluar/akhir) >> Raining Characters Out. Seperti langkah 6, tekan dan pilih Raining Characters Out dan masukkan kedalam layer pada timeline untuk mengaktifkan efek. Atur efek yang diterapkan pada layer dengan mengaktifkan panel Effects Control.

Cara Membuat Teks Animasi di After Effects - Hog Pictures

Catatan: Scroll yang berada pada timeline (garis merah dgn ujung atas berwarna kuning) menandakan waktu awal ketika kita memasukkan preset. Jadi, masukanlah preset Animate In pada durasi paling awal, dan Animate Out pada durasi akhir (sesuai keinginan).

Baca juga: Cara Membuat Efek Ledakan dengan After Effects



Kesimpulan mengenai Cara Membuat Teks Animasi di After Effects


Secara default, After Effects sudah menyediakan preset-preset yang dibutuhkan untuk menambahkan animasi pada teks -- Sebenarnya tidak hanya teks, preset lainnya pun tersedia khusus untuk gambarvideo, dan audio. Tetapi menurut saya, yang paling banyak digunakan adalah preset animasi teks -- karena teks memang berperan penting dalam grafik untuk mengantarkan informasi yang lebih jelas.

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang After Effects -- Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah penjelasan tentang bagaimana Cara Membuat Teks Animasi di After Effects, silahkan simak video tutorial dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar