Ads Here

Selasa, 22 Agustus 2017

TIPS FOTOGRAFI UNTUK PEMULA

Tips Fotografi Untuk Pemula

Mayoritas pembaca situs Belajar Fotografi ini adalah mereka yang mengaku sedang mencari tips fotografi untuk pemula, baru saja mengenal dan ingin serius memahami fotografi sebagai hobi atau memang baru saja membeli kamera lantaran ikutan temannya.
Apapun alasannya, kalau anda merasa masih pemula jangan jadikan penghalang. Berikut ini kami kumpulkan beberapa artikel dasar yang semoga bisa membantu dalam memahami konsep dasar fotografi. Bukan berarti selesai membaca artikel-artikel ini anda akan langsung jago memotret, karena kalau ingin berhasil dalam belajar fotografi akan butuh latihan yang cukup dan sikap mental yang pas.
1. Memilih dan Mengenal Kamera
Untuk pemula pilihlah kamera yang sesuai dengan keuangan kamu cari perlengkapan yang murah dan sederhana, jangan tergiur untuk membeli peralatan dan kamera mahal yang menjanjikan hasil foto yang bagus karena sesungguhnya ada yang lebih penting yaitu mengenali teknik-teknik untuk menghasilkan gambar yang bagus dari kamera sederhana sekalipun. Kenali dan pahami fungsi dari tiap tombol yang ada di kamera kamu.

2.Menekan Tombol Shutter
Tombol Shutter adalah tombol yang ditekan saat kamu memotret sebuah object. Terdapat perbedaan  cara untuk menekan tombol shutter pada beberapa kamera seperti kamera poket,kamera hp, dan dslr.

3. Mengenal Eksposure dan Segitiga Eksposure
Eksposure adalah dasar dari fotografi atau bisa dikatakan sebagai pondasi dalam memahami fotografi, dalam kata lain adalah terang dan gelap dari sebuah foto. Pada intinya eksposure menentukan seberapa banyak cahaya yang masuk dan ditangkap oleh kamera. Dalam dunia fotografi terdapat tiga elemen yang menentukan seberapa banyak cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera. Tiga elemen tersebut adalah
  1. Shutter Speed atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi kecepatan rana, merujuk kepada berapa lama shutter kamera terbuka, dan mengijinkan cahaya mengenai sensor.
  2. Arperture atau bukaan lensa adalah ukuran yang menunjukan seberapa besar lubang yang terletak dalam lensa terbuka.
  3. Iso kamera berdasarkan definisinya sendiri menunjukan tingkat kepekaan sensor yang terdapat dalam kamera, atau dalam kata lain, seberapa peka atau sensitif sensor kamera dalam menangkap cahaya yang masuk melalui lubang diafragma.
4. Sudut pengambilan gambar atau object
Sebagai seorang fotografer kamu harus mengetahui sudut atau angle mana yang tepat kamu pakai dalam menghasilkan gambar yang kamu inginkan.
Untuk seorang pemula dapat memahami dan menguasai teknik-teknik dasar ini adalah sesuatu kemajuan yang baik, selain teknik dasar yang harus kamu punya sebagai seorang pemula dalam dunia fotografi adalah untuk tidak cepat puas dengan hasil foto yang telah kamu ambil. Gali terus kemampuan kamu agar foto yang kamu hasilkan dapat menjadi foto terbaik dan mungkin akan menghasilkan keuntungan untuk kamu.

CARA YANG BENAR MENEKAN TOMBOL SHUTTER


Tombol shutter adalah tombol yang Anda pencet ketika memotret. Bagi yang pertama kali menggunakan kamera biasanya belum tahu cara menekan tombol ini dengan benar. Nah! Kalau memang Anda masih pemula sebaiknya simak artikel ini sampai selesai. Tapi bila Anda seorang yang "pro" mungkin tutorial ini bukan kelas Anda. hehe..

Ada aturan dan tata cara yang diberlakukan untuk menekan tombol shutter pada kamera. Dan saya akan memberikan petunjuk penggunaannya dalam dua metode.


A. Menekan Tombol Shutter Dengan Auto Focus (AF)


  1. Siapkan kamera Anda dan nyalakan sekarang. Cari tombol fokus pada lensa kamera Anda. Tombol ini terdiri dari dua mode yaitu Auto Focus (AF) dan Manual Focus (MF). Kalau sudah ketemu maka aktifkan ke mode AF. 
  2. Arahkan kamera pada salah satu objek di sekitar Anda (terserah objeknya apa). 
  3. Tekan separuh tombol shutter (perhatikan gambar di atas) dan tahan dalam posisi itu (tapi jangan tekan penuh ya). Fokus akan bekerja secara automatis untuk mengunci objek. 
  4. Perhatikan layar viewfinder Anda, ketika objek terkunci maka ditandai dengan kedipan warna merah pada titik fokus. Kalau Anda melihat titik fokusnya memberi isyarat kedipan warna merah maka berarti objek telah terkunci alias sudah fokus. 
  5. Selanjutnya tekan penuh / full tombol shutter dan tralaa... Kamera melakukan pengambilan gambar. Perhatikan hasil foto Anda, kalau belum fokus maka ulangi lagi cara di atas sampai Anda bisa, lalu silahkan Anda melangkah ke metode kedua.

B. Menekan Tombol Shutter Dengan Manual Focus (MF)


  1. Ubah kembali tombol fokus ke mode MF. Lupa caranya? Baca kembali cara pertama di atas.
  2. Arahkan kamera untuk membidik salah satu objek di sekitar Anda.
  3. Sama seperti sebelumnya, tekan separuh tombol shutter dan tahan pada posisi itu.
  4. Karena ini manual focus maka untuk mengunci objek Anda harus melakukannya dengan cara manual. Putar ring fokusnya (ringnya ada di body lensa). Putar ke kiri atau ke kanan, terserah Anda. Karena saya tidak tahu jenis kamera apa yang Anda gunakan.
  5. Putar perlahan sampai ketemu titik fokusnya. Sama seperti cara di atas, akan ada isyarat kedipan warna merah di layar viewfinder.
  6. Kalau sudah terkunci objeknya, maka tekan penuh tombol shutter untuk mengambil gambar.
  7.  Ulangi terus cara di atas sampai Anda bisa.

Tentang Sejarah Fotografi dan Tokoh – Tokohnya

Nah, tautan artikel dan tips fotografi untuk pemula yang kami tuliskan diatas hanyalah secuil bagian dari keseluruhan isi Belajar Fotografi. Gunakan fitur pencarian artikel di sebelah kanan untuk membantu menemukan artikel yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar